Apa itu LMS Moodle? Panduan Lengkap Belajar Moodle untuk Pemula

Apa itu LMS Moodle?

Apa itu LMS?, LMS adalah singkatan dari Learning Management System (Sistem Manajemen Pembelajaran), yang dikembangkan secara khusus untuk mengelola kursus online, mendistribusikan materi pelajaran dan memungkinkan kolaborasi atara siswa, guru, mahasiswa dan dosen. LMS akan memungkinkan anda mengelola setiap aspek kursus berdasarkan pelajaran atau mata kuliah yang diberikan kepada siswa atau mahasiswa untuk pembelajaran daring. Pendaftaran siswa atau mahasiswa hingga penyimpanan hasil tes, dan juga memungkinkan anda menerima tugas secara digital dan tetap berhubungan dengan siswa anda. Inti dari pengertian LMS merupakan tulang punggung sebagian besar aktivitas e-learning.

Apa itu Moodle?, Moodle adalah singkatan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment merupakan paket perangkat lunak yang di produksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. Moodle merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran ektronik atau e-learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.

Social constructionist pedagogy, cara terbaik untuk belajar adalah dari sudut pandang murid itu sendiri. Model pengajaran berorientasi objek (murid) ini berbeda dengan sistem pembelajaran tradisional yang biasanya memberikan informasi atau materi yang dianggap perlu oleh pengajar untuk diberikan kepada murid. Tugas pengajar akan berubah dari sumber informasi menjadi orang yang memberikan pengaruh (influencer) dan menjadi contoh dari budaya kelas. Peran pengajar dalam sistem Moodle ini antara lain berhubungan dengan murid-murid secara perorangan untuk memahami kebutuhan belajar mereka dan memoderatori diskusi serta aktivitas yang mengarahkan murid untuk mencapai tujuan belajar dari kelas tersebut.

Kelebihan LMS Moodle?

Gratis

Anda bisa mendownload software moodle (https://download.moodle.org/), tanpa harus membayar lisensi khusus. Tidak hanya itu, anda bisa menggunakan dan mengembangkan sendiri sesuai kemampuan anda.

Meskipun demikian, jika ingin membangun kursus atau portal pembelajaran, anda tetap harus mengeluarkan biaya. Untuk apa? Yaitu untuk membuat website dan menyiapkan berbagai materi.

Mudah Digunakan

Siapapun bisa menggunakan Moodle tanpa mempelajarinya lama sebagai pengajar, administrator atau murid.

Kemudahan tersebut yaitu antara lain :

  • Fitur drag and drop yang lebih memudahkan dalam membuat materi belajar.
  • Antarmuka yang intuitif sangat membantu memahami penggunaan Moodle lebih cepat.
  • Dokumentasi yang tersedia lengkap ditambah tutorial Moodle yang banyak dibuat oleh komunitas penggunanya.
  • Fleksibel

Platform ini mendukung semua skala pembelajaran. Mulai dari kelas kecil berisi beberapa orang, hingga portal pembelajaran untuk ribuan orang seperti di Perusahaan dan Sekolah.

Kondisi ini kian memungkinkan siapa saja untuk bisa membuat kelas pembelajaran sendiri. Dimulai dari skala kecil dengan materi terbatas dulu, jika sudah berhasil, bisa ditingkatkan perlahan untuk audiens yang lebih banyak.

Aman

Tak perlu ragu dengan kemanan Moodle. Update yang secara rutin dilakukan bertujuan untuk menjamin keamanan pengguna. Baik dari kehilangan data materi pembelajaran maupun pencegahan pencurian data pribadi saat mengakses sistem.

Bahkan, jika mengelola platform tersebut sendiri, anda akan memegang kendali penuh atas keamanan platform anda.

Terintegrasi

Ingin membangun sebuah sistem pembelajaran online yang terintegrasi? Moodle bisa menjadi pilihan tepat. Alasannya, platform ini memiliki fitur external collaborative tools. Jadi, anda bisa melengkapi kursus online anda dengan halaman wiki, forum, hingga blog dengan mudah.

Dapat Dikustomisasi

Platform ini memang diciptakan untuk semua kalangan. Maka, untuk mendukung tujuan tersebut, moodle sengaja dibuat agar mudah dikustomisasi.

Dari sisi tampilan, anda bisa  mengganti tema sesuai keinginan. Halaman direktori Moodle memiliki banyak pilihan tema yang bisa diunduh gratis. Selain itu, anda bebas mengganti logo dan footer sesuai instansi atau lembaga anda.

Mendukung Plugin

Secara default, Moodle sudah dapat digunakan untuk membuat platform pembelajaran yang baik. Namun, jika anda ingin menambah fungsi khusus, platform ini juga menyediakan plugin.

Tak kurang dari 1677 plugin tersedia di direktori plugin Moodle. Baik untuk kebutuhan administrasi, penilaian, komunikasi dan lainnya.

Mobile Friendly

Pengembangan Moodle tah pernah berhenti. Salah satunya, dengan menjadikan platform ini mobile friendly. Hal ini tentu akan memudahkan dalam mengakses materi belajar kapan saja, dimana saja.

Sebagai sebuah platform berbasis web, peningkatan pada cross browser compatibility membuat tampilan materi akan terlihat sama meskipun diakses dari perangkat dan browser yang berbeda.

Mendukung Berbagai Bahasa

Moodle memiliki komunitas yang aktif dari seluruh dunia. Merekalah yang banyak membantu pengembangan Moodle. Salah satu pengembangan tersebut adalah penerjemahan platform ke berbagai bahasa (localization).

Meskipun belum mendukung bahasa Indonesia secara penuh, Moodle sudah mendukung banyak bahasa di dunia. Inilah yang membuat penggunaan Moodle menjadi semakin mudah dan penggunaannya meningkat.

Kekurangan LMS Moodle?

Sulit Dipelajari oleh Orang Awam

Bagi orang awam yang baru mengenal Moodle akan kebingungan dalam mengelola dan membuat course di Moodle. Sehingga, membutuhkan pendampingan khusus dari tenaga ahli untuk memberikan pembelajaran mengelola Moodle secara berkelanjutan hingga paham.

Membutuhkan Tenaga Ahli

Untuk membuat portal e-learning untuk kebutuhan perusahaan, sekolah dan perguruan tinggi membutuhkan tenaga ahli atau bisa dengan menggunakan jasa pihak ketiga. Untuk menjadi administrasi yang memegang kendali penuh Moodle harus yang paham tentang fundamental Moodle.

Fitur Moodle Terlalu Kompleks

Bagi orang awam yang pertama akses Moodle akan merasakan kebingungan dan kesulitan karena fitur yang disuguhkan oleh Moodle sangat banyak kompleks, sehingga membutuhkan pengenalan terlebih dahulu untuk mengenal fitur Moodle.

Akses App Mobile Moodle terdapat Plan Premium

Download aplikasi moodle di hp atau mobile akses pertama yaitu free, agar moodle bisa branding sendiri dengan logo sesuai sekolah atau perguruan tinggi serta untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap maka harus berbayar.

Fitur LMS Moodle

Fitur Learning Management System (LMS) Moodle memiliki fitur sangat kompleks, Moodle juga dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan Perusahaan, Sekolah dan Perguruan Tinggi.

Berikut fitur-fitur LMS Moodle :

  • Site administration
  • Users
  • Courses
  • Grades
  • Plugins
  • Appearance
  • Server
  • Reports
  • Development

Adapun fitur unggulan LMS Moodle yaitu :

  • Assignment submission
  • Forum diskusi
  • Unduh arsip
  • Peringkat
  • Chat
  • Kalender online
  • Berita
  • Kuis online
  • Wiki

Cara Membuat Course

Alur proses pembuatan course dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yaitu antara lain :

  1. Administrator membuatkan akun guru atau dosen, dan memberikan hak akses.
  2. Administrator membuatkan Course (mata pelajaran/mata kuliah) yang diampu oleh guru/dosen.
  3. Guru atau Dosen melakukan login ke portal e-learning dengan memasukan username dan password yang telah dibuatkan oleh administrator.
  4. Guru atau Dosen akan masuk ke halaman Dashboard apabila berhasil login.
  5. Guru atau Dosen mengakses Course (mata pelajaran/mata kuliah) yang sudah dibuatkan oleh administrator.
  6. Guru atau Dosen menambahkan participants yaitu siswa atau mahasiswa untuk dapat mengakses mata pelajaran atau mata kuliah.
  7. Guru atau Dosen membuat assignment submission atau lesson yaitu berupa materi atau tugas tergantung kebutuhan pengajar dalam memberikan pembelajaran daring.

Tutorial Membuat Course

Administrator membuatkan akun guru atau dosen.

lms-moodle-1

lms-moodle-2

lms-moodle-3

lms-moodle-4

lms-moodle-5

lms-moodle-6

lms-moodle-7

Administrator membuatkan Course (mata pelajaran/mata kuliah) yang diampu oleh guru/dosen.

lms-moodle-8

lms-moodle-9

lms-moodle-10

lms-moodle-11

lms-moodle-12

lms-moodle-13

Guru atau Dosen melakukan login ke portal e-learning dengan memasukan username dan password yang telah dibuatkan oleh administrator.

lms-moodle

Guru atau Dosen akan masuk ke halaman Dashboard apabila berhasil login.

lms-moodle

Guru atau Dosen mengakses Course (mata pelajaran/mata kuliah) yang sudah dibuatkan oleh administrator.

lms-moodle

lms-moodle

Guru atau Dosen menambahkan participants yaitu siswa atau mahasiswa untuk dapat mengakses mata pelajaran atau mata kuliah.

lms-moodle

lms-moodle

lms-moodle

lms-moodle

Guru atau Dosen membuat assignment submission atau lesson yaitu berupa materi atau tugas tergantung kebutuhan pengajar dalam memberikan pembelajaran daring.

lms-moodle

lms-moodle

lms-moodle

Dalam kondisi covid-19 ini akan lebih produktif para pengajar dan pelajar melakukan pembelajaran daring, sehingga pembelajaran tetap tersampaikan meskipun tidak tatap muka secara langsung.

Bagi kalian yang membutuhkan jasa pembuatan e-learning dengan menggunakan LMS Moodle silahkan klik disini.

Share Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *

FacebookInstagramTelegram