Perkembangan e-commerce di Indonesia

Perkembangan e-commerce di Indonesia kini mengalami lonjakan yang signifikan.

Pemerintah juga mulai melirik sektor e-commerce sebagai salah satu solusi untuk mengatasi defisit pajak akibat pelambatan ekonomi.

Dimasa pandemi covid-19 e-commerce sangatlah berperan penting untuk memasok logistik bagi masyarakat, apalagi situasi sekarang diharuskan physical distancing.

Layang Digital Innovation — mengutip dari GlobalWebIndex, Indonesia merupakan negara dengan tingkat adopsi e-commerce tertinggi di dunia pada 2019. Sebanyak 90 persen dari pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun di Indonesia pernah melakukan pembelian produk dan jasa secara online.

Potensi ini diprediksi akan terus meningkat di tahun 2020.

Pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia didominasi oleh penjualan ritel yang terdiri dari beberapa kategori, seperti fashion, consumer goods dan kesehatan.

Pertumbuhan pesat ini banyak difasilitasi oleh kehadiran marketplace. Dengan kemudahan dalam membuka lapak atau toko online, kini pelaku bisnis dapat menawarkan jasa atau produk secara digital dengan jangkauan konsumen yang lebih luas.

riset-kic-nilai-transaksi-sektor-perjalanan-melalui-e-commerce-naik-98

 

Sumber : Katadata Insight Center (KIC), Juli 2020

Peluang Besar Industri E-Commerce Indonesia 2020 Terbagi Menjadi 3 Pilar Utama :

  • Brand.com

Brand.com atau website yang dibangun khusus sebagai toko online sebuah brand. Membangun brand sendiri tidak bisa lepas dari membangun presensi dan identitas online dan  salah satu cara utamanya adalah dengan membangun situs/toko online sendiri.

  • Marketplace

Marketplace yaitu kanal yang memfasilitasi transaksi jual beli online, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan JD.ID

“Di permulaan, bisnis perlu memilih platform yang sudah populer terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk membangun basis pembeli yang solid. Kemudian, dari sana pemilik bisnis bisa fokus dalam mengembangkan situsnya sendiri.” ungkap Brian Marshal CEO dan Founder SIRCLO.

  • Penyediaan Fitur Chat E-Commerce

Fitur ini disebut akan memfasilitasi interaksi penjual dengan pembeli melalui chat. ini merupakan solusi dari transaksi reguler yang memakan waktu dan kurang efisien bagi kedua pihak.

Kesimpulan

Perkembangan e-commerce di Indonsia sangatlah potensial dan berpeluang besar bagi para pelaku bisnis dan bagi masyarakat yang memiliki industri kreatif untuk mengembangan industri menuju go online.

Jika ada yang berminat untuk melakukan branding bisnis pembuatan e-commerce untuk mensupport bisnis anda silahkan kunjungi situs resmi kami Layang Digital Innovation. Kami memberikan layanan konsultasi free.

loading…
Share Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *

FacebookInstagramTelegram